Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek 93 Tahun Sukses Berlari Lintasi Amerika Serikat

Kompas.com - 22/08/2016, 09:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Seorang veteran Perang Dunia II berusia 93 tahun, Ernie Andrus akhirnya menyelesaikan ambisinya berlari melintasi wilayah Amerika Serikat.

Dibutuhkan waktu dua tahun 10 bulan bagi Ernie untuk menyelesaikan niatnya yang dimulai di San Diego 7 Oktober 2013 hingga finis di St Simon, Georgia, pesisir Samudera Atlantik.

Dia menyelesaikan perjalanan sejauh lebih dari 4.000 kilometer itu pada Sabtu (20/8/2016) pagi waktu setempat atau sehari setelah ulang tahunnya yang ke-93.

Kegiatan "gila" ini dilakukan Ernie untuk menggalang dana untuk memulangkan kapal pendarat pasukan (LST) terakhir yang digunakan dalam pendaratan Normandia pada peringatan 75 tahun peristiwa bersejarah itu.

Ernie bertugas sebagai prajurit medis dalam kapal yang hendak dipulangkan itu.

"Semua orang ini sangat luar biasa, ini adalah kerumunan orang terbanyak yang pernah saya saksikan," kata Ernie kepada harian The Brunswick News saat tiba di Pulau St Simons.

"Saya bahagia bisa menyelesaikan niat saya ini. Namun, saya harap ini belum berakhir," tambah Ernie.

Secara umum, Ernie menyelesaikan jarak tempuh 4.077 kilometer dalam waktu 956 jam dan 49 menit. Jika dirata-rata Ernie berlari sejauh hampir 30 kilometer setiap pekannya.

Aksi Ernie ini sungguh fenomenal sehingga warga AS dari berbagai penjuru mulai New York hingga Arizona berdatangan untuk menyambutnya di garis finis.

Dan, setibanya di tempat tujuan, Ernie sudah merencanakan petualangan selanjutnya yaitu menyusuri jalan raya Alaska sepanjang sekitar 3.600 kilometer dengan menggunakan rumah mobil milik putri tirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com