Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Salman Akan Bertindak dengan "Tangan Besi" Para Pencuci Otak Pemuda Arab Saudi

Kompas.com - 06/07/2016, 07:01 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menyempurnakan kenikmatan puasa bulan Ramadhan dengan datangnya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Hal itu disampaikan Raja Salman dalam pidatonya yang dibacakan Menteri Budaya dan Informasi Abdul Al-Thuraifi, Selasa (5/7/2016) pukul 19.30 waktu setempat, seperti dikutip dari rilis pihak KJRI Jeddah.

Raja Salman kemudian menyinggung tentang tantangan dunia Islam yang saat ini dihadapkan pada perpecahan dan pertikaian. Semua komponen umat dituntut berusaha menyatukan persatuan dan barisan umat serta bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

(Baca: PBNU Minta Arab Saudi Jamin Keselamatan Jemaah Pasca-serangan Bom Bunuh Diri)

Raja mengatakan bahwa tantangan terberat yang dihadapi umat Islam saat ini adalah bagaimana memelihara sumber kekayaannya yang utama dan harapan masa depannya, yaitu para pemuda dari bahaya yang mengintai mereka, terutama sikap berlebihan (ghuluw).

Selain itu, sikap radikalisme dan bujukan hina yang mengajak mereka untuk melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dan tidak dikenal sebelumnya, yang bertentangan dengan fitrah suci dan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang lurus serta nilai-nilai masyarakat Islam.

(Baca: Kemenlu: Belum Ada Informasi Korban WNI Terkait Ledakan di Arab Saudi)

Raja Salman lalu menegaskan bahwa dirinya akan menindak secara tegas dengan "tangan besi" bagi setiap orang yang menargetkan untuk mencuci otak dan pemikiran serta pandangan anak-anak muda Arab Saudi.

Raja menyatakan bahwa masyarakat hendaknya berpartisipasi bersama negara dalam setiap upaya dan kebijakannya untuk memerangi pemikiran-pemikiran sesat.

Sebelumnya, telah terjadi serangan bom bunuh diri di tiga kota di Arab Saudi, yakni Madinah, Qatif, dan Jeddah, pada Senin (4/7/2016) sore waktu setempat. Sementara ini diketahui, enam orang tewas akibat tiga serangan tersebut.

Kompas TV Ledakan Terjadi di Area Parkir Depan Masjid Nabawi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com