Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Inggris Terekam Kamera Sebut Pejabat China Berperilaku Kasar

Kompas.com - 11/05/2016, 17:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Ratu Inggris Elizabeth II terekam kamera saat mengatakan, para pejabat China berperilaku "sangat kasar" dalam kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping ke Inggris, tahun lalu.

Ratu Elizabeth terekam saat berbicara dengan Komandan Polisi Metropolitan London, Lucy D'Orsi, di sebuah pesta taman Istana Buckingham, Rabu (11/5/2016). 

Saat itulah, ia membicarakan perlakuan sejumlah pejabat China terhadap duta besar Inggris untuk China, Barbara Woodward, kepada Lucy D'Orsi, yang menangani keamanan para tamu negara selama kunjungan Presiden Xi ke Inggris pada Oktober tahun lalu.

Dalam rekaman itu, Ratu Elizabeth terdengar mengatakan, "Oh, sungguh disayangkan."

Seorang pejabat yang juga hadir di tempat itu menjelaskan kepada Ratu Elizabeth bahwa Komandan D'Orsi telah "amat disepelekan oleh rombongan pejabat China, tetapi dia berhasil menahan diri dan tetap menjaga wibawanya."

"Saya merupakan 'Gold Commander' saat itu, jadi saya tak paham jika Ratu mengetahuinya. Namun, itu sungguh merupakan saat yang sangat menguji saya...," kata D'Orsi.

"Saya paham," kata Ratu.

"Kejadiannya saat mereka berjalan keluar dari Lancaster House dan mengatakan kepada saya bahwa perjalanan dibatalkan, dan saya merasa ...," ujar D'Orsi.

Ratu kemudian melanjutkan kalimat D'Orsi yang belum selesai itu. "Mereka sangat kasar kepada duta besar (Woodward)."

Komandan D'Orsi menjawab, "Mereka ... sungguh kasar dan kurang diplomatis, menurut saya."

Meski rekaman ini sudah tersebar luas, pihak Istana Buckingham tak memberikan komentar.

"Kami tidak mengomentari percakapan pribadi Ratu," ujar seorang juru bicara Istana Buckingham.

"Bagaimanapun, kunjungan kenegaraan para pemimpin China sangat sukses, dan semua pihak bekerja sama untuk memastikan semuanya berjalan lancar," tambah sang juru bicara.

Tidak ada reaksi resmi dari Pemerintah China, tetapi liputan ini disensor di negeri itu, dan tayangan BBC World TV digelapkan saat laporan mengenai percakapan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com