Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubir Kremlin Mengaku Empat Kali Lebih Kaya Dibanding Putin

Kompas.com - 19/04/2016, 17:15 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan, warisan dalam jumlah besar membuatnya memiliki pemasukan empat kali lebih besar dari Presiden Vladimir Putin pada 2015.

Peskov mengatakan, pendapatannya pada tahun lalu sebesar 544.000 dollar AS atau Rp 7,1 miliar. Dia mengatakan, uang sebesar itu diperoleh dari warisan ayahnya yang sudah meninggal dunia.

Sementara itu, pada tahun yang sama, pendapatan Presiden Putin disebutkan "hanya" sebesar Rp 1,7 miliar, sedikit lebih banyak dibandingkan 2014. Namun, para pengamat Barat meyakini jumlah kekayaan Putin jauh lebih besar.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC pada Januari lalu, pejabat Kementerian Keuangan Amerika Serikat, Adam Szubin, tidak memercayai pernyataan Putin soal kekayaannya.

"Dia telah lama berlatih dan mempraktikkan cara menyembunyikan kekayaannya yang sebenarnya," ujar Szubin.

Peskov kemudian membalas dengan menyatakan tuduhan yang dilontarkan Szubin tersebut "sama sekali dibuat-buat".

Dalam "Panama Papers" yang bocor bulan ini, terungkap nama-nama orang di lingkaran paling dekat Putin mengumpulkan jutaan dollar lewat rekening di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com