Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Pembawa Imigran dari Turki ke Yunani Terbalik, 18 Orang Tewas

Kompas.com - 06/03/2016, 21:23 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Setidaknya 18 imigran tewas, Minggu (6/3/2016), saat perahu yang mereka tumpangi untuk menyeberang dari Turki menuju Yunani terbalik di Laut Aegean.

Seperti berita yang dilansir Kantor Berita AFP,  petugas penjaga pantai Turki menyelamatkan 15 imigran dalam kecelakaan ini.

Perahu ini diketahui berangkat dari Kota pesisir Didim di barat daya Turki. Penjelasan ini diberikan oleh pejabat setempat yang tak bersedia diungkapkan namanya.

Sumber tersebut juga menyebutkan, hingga kini kewarganegaraan dari para imigran itu belum diketahui.  

Sementara itu, berdasarkan berita yang dilansir Kantor Berita Anatolia, petugas penjaga pantai menggunakan tiga kapal dan satu helikopter untuk mencari korban yang hilang. 

Tragedi ini terjadi persis satu hari sebelum pertemuan puncak antara Pemerintah Turki dan pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia terkait persoalan pengungsi. 

Turki selama ini menjadi titik utama untuk sebagian besar pengungsi dan migran yang hendak menyeberang ke Eropa, sejak awal tahun 2015.

28 negara yang akan ikut dalam pertemuan itu berharap adanya komitmen baru dari Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, untuk berupaya menghentikan aliran pengungsi dan imigran tersebut. 

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Ankara pekan ini, Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan jumlah imigran yang menyeberangi Laut Aegea dari Turki ke wilayah Uni Eropa sangat tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com