Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Taliban terhadap Bandara Kandahar Tewaskan 37 Orang

Kompas.com - 10/12/2015, 15:00 WIB
KANDAHAR, KOMPAS.com — Militan Taliban menewaskan puluhan pasukan keamanan Afganistan dan warga sipil dalam sebuah pengepungan panjang terhadap Bandara Kandahar, lokasi markas besar militer NATO di Afganistan selatan.

Kementerian Pertahanan negara itu memastikan dalam sebuah pernyataan bahwa 37 orang, termasuk perempuan dan anak-anak serta anggota pasukan keamanan nasional Afganistan, tewas. Sebanyak 35 orang lainnya cedera.

Pertempuran di lokasi itu berlangsung dari Selasa (8/12/2015) sore hingga Rabu sore.

Dilaporkan bahwa sedikitnya 10 penyerang menyamar dalam seragam militer Afganistan. Mereka menerobos lapisan pertama pengamanan bandara pada sekitar pukul 18.30 sore hari Selasa, beberapa menit setelah suara azan maghrib.

Sejumlah pejabat Afganistan menyatakan pada Selasa malam bahwa para pemberontak telah dilumpuhkan. Namun, pertempuran sengit masih berlanjut selama beberapa jam setelah itu. Sejumlah penumpang pesawat dilaporkan terjebak di bandara itu semalaman.

Hari Rabu, sejumlah sumber lokal menyatakan bahwa para petempur Taliban yang masih hidup telah menyandera sejumlah warga sipil dan masih melancarkan tembakan dari sebuah bangunan di pinggiran lapangan terbang itu.

Bandara Kandahar merupakan bandara untuk penerbangan sipil dan pangkalan besar NATO. Di situ, ada sebuah kontingen beranggota ratusan tentara asing. Seorang juru bicara NATO mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa tak ada laporan tentang korban jiwa warga asing dalam serangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com