Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Basis Militer AS di Kandahar, 1 Tewas

Kompas.com - 20/01/2014, 20:24 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Sembilan anggota kelompok Taliban melakukan aksi bom bunuh diri terhadap sebuah basis militer AS di Afganistan selatan, Senin (20/1/2014), menewaskan seorang satu prajurit NATO.

Salah seorang penyerang meledakkan sebuah bom mobil di luar tembok basis militer AS di distrik Zhary, provinsi Kandahar. Selanjutnya delapan anggota Taliban lain yang mengenakan seragam ISAF( Pasukan Bantuan Keamanan Internasional) menyerbu masuk ke dalam basis militer itu.

"Awalnya seorang anggota Taliban meledakkan diri di luar tembok utara dan delapan orang lainnya mencoba memasuki basis militer. Mereka kemudian tewas dalam baku tembak," kata juru bicara pemerintah provinsi Kandahar.

"Dalam serangan ini, satu prajurit ISAF tewas. Tak ada korban warga sipil maupun militer Afganistan," tambah pernyataan itu.

Juru bicara ISAF membenarkan adanya serangan dan satu prajuritnya tewas. Namun, sesuai kebijakan pasukan koalisi, ISAF tidak menyebutkan asal negara prajurit yang tewas itu.

Sementara itu, seorang juru bicara Taliban membenarkan serangan tersebut dan menambahkan serangan itu merupakan sebuah aksi yang terkordinasi.

Kandahar merupakan wilayah "spiritual" Taliban dan sudah lama menjadi kawasan basis utama Taliban dalam perang gerilya selama 13 tahun melawan pasukan NATO dan pemerintahan Kabul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com