Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang, China dan Korea Selatan Siap Bertemu untuk Redakan Ketegangan

Kompas.com - 02/11/2015, 03:05 WIB

KOMPAS.com - Pemimpin Jepang, China, dan Korea Selatan akan bertemu untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir di tengah konflik teritorial dan perselisihan sejarah.

Pertemuan itu akan berlangsung di Seoul, Korea Selatan, sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketegangan antara tiga negara tersebut.

China dan Korea Selatan merasa bahwa Jepang belum cukup melakukan upaya-upaya untuk menghapus kekejaman tentaranya pada Perang Dunia II.

Pertemuan tiga pihak ini berlangsung secara teratur sejak 2012.

Wartawan BBC Stephen Evans yang berada di Seoul mengatakan bahwa tiga negara ini melanjutkan pertemuan karena menyadari bahwa mereka harus berhubungan satu sama lain, terutama dalam isu ekonomi.

Evans juga menambahkan bahwa Korea Selatan dan Jepang tengah terbelah antara kesetiaan mereka pada Amerika Serikat dan kebutuhan untuk dekat dengan Beijing dari sisi ekonomi.

Perdana Menteri Cina Li Keqiang bertemu dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye pada Sabtu (31/10/2015). Keduanya sepakat untuk meningkatkan perdagangan, terutama lewat ekspor makanan Korea ke China dan kerja sama penelitian di bidang robotik.

Dua pemimpin ini akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada minggu ini. Perhatian akan tercurah pada kemungkinan ketiganya mengeluarkan pernyataan kuat terkait ambisi nuklir Korea Utara.

Pengamat juga akan melihat posisi Seoul dan Tokyo di tengah hubungan yang sulit antara Beijing dan Washington.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com