Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Banglades Tahan Warga Inggris Otak Pembunuhan Bloger

Kompas.com - 18/08/2015, 16:54 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Pasukan elite Banglades, Selasa (18/8/2015), menahan tiga anggota kelompok militan Islam yang diduga terkait dengan pembunuhan dua orang bloger berhaluan ateis.

Salah satu tersangka yang ditahan adalah warga negara Inggris yang oleh polisi disebut sebagai "perencana utama" pembunuhan para bloger tersebut.

Juru bicara Pasukan Reaksi Cepat (RAB) mengatakan, pasukan elite itu sudah menahan Touhidur Rahman (58) dan dua orang anggota kelompok militan Ansarullah Bangla Team (ABT).

Kelompok ini sejak Mei lalu sudah dinyatakan sebagai sebuah organisasi terlarang setelah diyakini terkait dengan serangkaian pembunuhan para bloger.

"Kami menangkap mereka di ibu kota hari ini. Kami bisa pastikan bahwa (Touhidur) Rahman adalah warga Inggris keturunan Banglades. Dia adalah otak pembunuhan Avijit Roy dan Ananya Bijoy Das," kata Mayor Maksudul Alam kepada AFP.

Sepanjang tahun ini, empat orang bloger beraliran sekuler atau ateis tewas dibunuh anggota sebuah kelompok militan Banglades. Serangkaian pembunuhan ini membuat dua internasional mengecam Banglades.

Bloger pertama yang dibunuh adalah Avijit Roy, seorang warga AS keturunan Banglades. Dia dibunuh sekelompok orang bersenjata parang di jalanan kota Dhaka pada Februari. Sementara itu, Ananta Bijoy Das dibunuh dengan cara yang sama saat dia berangkat ke tempat kerjanya di kota Sylhet pada Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com