Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Februari, 3 Bloger Sekuler Banglades Tewas Dibunuh

Kompas.com - 12/05/2015, 17:26 WIB
DHAKA, KOMPAS.com — Sekelompok orang bertopeng yang bersenjata parang menyerang dan membunuh seorang bloger berhaluan sekuler, Selasa (12/5/2015), di kota Sylhet, wilayah timur laut Banglades.

Ini adalah kasus pembunuhan bloger ketiga yang diduga dilakukan kelompok militan Islam sejak Februari lalu. Kepolisian Banglades menjelaskan, Ananta Bijoy Das dibunuh pada siang hari saat berangkat ke tempat kerjanya di sebuah bank di kota Sylhet.

Kamrul Hasan, komisaris kepolisian Sylhet, mengatakan, sedikitnya empat orang bertopeng menyerang Das dengan menggunakan parang pada sekitar pukul 08.30 di salah satu ruas jalan tersibuk di kota terbesar kelima di Banglades itu.

"Mereka mengejar Das di sepanjang jalan dan kemudian menyerang kepala pria itu dengan menggunakan parang sebelum membacok seluruh tubuh Das hingga dia tewas," ujar Hasan.

Sejauh ini Hasan belum memastikan motif di balik pembunuhan sang bloger. Namun, para sesama bloger mengatakan, Das sudah masuk di dalam "daftar hitam" kelompok militan yang beberapa waktu lalu juga membunuh seorang bloger AS keturunan Banglades.

Ketua Asosiasi Bloger Banglades Imran Sarker membenarkan bahwa Das adalah seorang ateis yang secara reguler menulis untuk situs Mukto-Mona. Situs ini dulunya dikelola Avijit Roy, seorang bloger AS kelahiran Banglades, yang juga tewas dibunuh di jalanan ibu kota Dhaka pada Februari lalu.

"Kami mengecam keras pembunuhan ini. Peristiwa ini sekali lagi membuktikan ketakutan kami bahwa memang terdapat kultur impunitas di Banglades. Setiap orang kini bisa membunuh seseorang yang berbeda pandangan secara bebas," ujar Sarker.

Seorang kawan Das, Debasish Debu, pria berusia 33 tahun yang selain bekerja di bank, juga menjadi editor majalah Jukti dan mengetuai Dewan Sains dan Rasionalis Sylhet.

"Dalam beberapa bulan terakhir, Das menerima ancaman pembunuhan dari kelompok militan Islam terkait tulisan-tulisannya. Dia sudah masuk dalam daftar hitam mereka," kata Debu.

Pembunuhan Das ini terjadi hanya sepekan setelah Al Qaeda Anak Benua India (AQIS) menyatakan bertanggung jawab atas pembunuhan Avijit Roy pada 26 Februari lalu yang juga mengakibatkan istri Roy terluka parah.

Seorang bloger ateis lainnya, Washiqur Rahman, juga tewas dibunuh di Dhaka pada Maret lalu. Dua orang siswa sebuah sekolah agama ditahan terkait pembunuhan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com