Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 7 Masjid Paling Menakjubkan di Rusia

Kompas.com - 13/08/2015, 17:00 WIB


MOSKWA, KOMPAS.com — Keberadaan masjid di Rusia lebih dari sekadar tanda bahwa ada umat Islam di negara ini. Seperti layaknya di negara lain yang mayoritas berpenduduk Muslim, masjid-masjid di Rusia, selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi tempat tujuan wisata karena sejarah maupun keunikan desainnya. Berikut tujuh masjid paling megah di Rusia.

1. Masjid "Biru", St Petersburg

Masjid Saint Petersburg ini dibangun pada 1910 untuk menghormati Emir Bukhara dan menandai bergabungnya Asia Tengah dengan Rusia. Penggabungan Asia Tengah itu terjadi pada masa pemerintahan Tsar Alexander III ketika kerajaan sangat menghormati kepentingan komunitas Muslim yang saat itu berjumlah lebih dari 8.000 orang.

SHUTTERSTOCK Masjid Saint Petersburg.


Setelah proyek pembangunannya rampung pada 1913, masjid ini adalah tempat ibadah terbesar di Rusia. Masjid "Biru" dapat menampung 5.000 umat Islam. Dua menaranya menjulang 49 meter dan tinggi kubahnya 39 meter.

Kubah Masjid St Petersburg berbentuk hampir sama dengan kubah Mausoleum Gur Emir di Samarkand yang dibangun pada abad ke-15. Di tempat itulah, abu jasad Timurleng, "Sang Penakluk Asia Tengah", disimpan.

2. Masjid Heart of Chechnya, Grozny

Masjid The Heart of Chechnya (Hati Chechnya) dinamai oleh Akhmad Kadyrov, Presiden pertama Republik Chechnya. Masjid yang menjadi salah satu tempat ibadah terbesar di Eropa ini mampu menampung lebih dari 10.000 orang.

Luas total kompleksnya mencapai 14 hektar. Jika diperlukan, jemaah dapat melaksanakan ibadah shalat di galeri-galeri musim panas dan lapangannya. Empat menara setinggi 63 meter mengelilingi Heart of Chechnya dan merupakan menara masjid tertinggi di Rusia.

SHUTTERSTOCK Masjid The Heart of Chechnya (Hati Chechnya).

Eksterior dan interior dinding masjid dilapis marmer. Para perajin asal Turki melukiskan kaligrafi yang diambil dari ayat-ayat suci Al Quran di sepanjang dinding-dinding masjid. Kaligrafi dilukiskan dengan tinta emas kualitas terbaik.

Kemegahan interiornya dapat dilihat dari delapan lampu gantung kristal Swarovski. Untuk menciptakannya, Swarovski menggunakan beberapa ton perunggu dan 2,5 kg emas berkualitas tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com