Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kura-kura Raksasa 150 Tahun Milik Bonbin San Diego Mati

Kompas.com - 21/06/2015, 09:56 WIB
SAN DIEGO, KOMPAS.com - Salah satu "penduduk" paling tua kota San Diego, AS akhirnya mengembuskan napas terakhirnya. Harian The Los Angeles Times mengabarkan seekor kura-kura Galapagos bernama Speed disuntik mati dalam usia yang diperkirakan lebih dari 150 tahun.

Speed sudah tinggal di kebun binatang San Diego sejak 1933. Dia dibawa ke California sebagai bagian dari upaya awal untuk melindungi spesies yang terancam pundah dari Pulau Volcan Cerro Azul di Kepulauan Galapagos, Ekuador.

Akibat usianya yang sangat tua, kesehatan kura-kura raksasa ini dalam beberapa waktu terakhir terus menurun. Para pengurus Speed sudah beupaya merawat radang sendi dan berbagai penyakit yang diderita hewan itu dengan banyak cara mulai memberi obat, hidroterapi, terapi fisik hingga tusuk jarum.

Di masa mudanya, Speed dikenal sebagai pejantan agresif yang sangat dominan. Dia gemar menyeruduk kura-kura jantan lain yang dianggap melanggar dominasinya. Meski Speed sudah tiada, namun kebun binatang San Diego masih memiliki 13 ekor kura-kura raksasa Galapagos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com