Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Saudara Tanpa Izin, Wanita Pakistan Tewas Dibakar Sang Suami

Kompas.com - 20/04/2015, 17:57 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Kepolisian Pakistan menangkap seorang pria dan ayahnya yang membakar hingga tewas sang menantu perempuan yang pergi mengunjungi saudaranya tanpa izin sang suami.

Muhammad Siddique menjadi murka ketika mengetahui sang istri, Shabana Bibi (25), mengunjungi kakak perempuannya tanpa meminta izin. Demikian keterangan saudara laki-laki Shabana, Muhammad Azam.

Siddique dan ayahnya kemudian memukuli Shabana sebelum menyiram tubuh perempuan itu menggunakan bensin dan membakarnya. Tragedi ini terjadi di distrik Muzzafargarh, Pakistan tengah, Jumat pekan lalu.

Shabana Bibi sudah menikah dengan Siddique selama tiga tahun. Selama itu pula, kata Azam, Siddique kerap melakukan tindakan kekerasan terhadap istrinya itu.

Shabana Bibi sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun, akibat luka bakar yang menghanguskan 80 persen tubuhnya, nyawa perempuan itu tak tertolong. Shabana meninggal dunia pada Sabtu (18/4/2015).

"Kami sudah menahan sang suami dan ayah mertua korban serta mendakwa mereka melakukan pembunuhan dan terorisme," kata kepala kepolisian distrik Muzzafargarh, Rai Zameer-ul-Haq, kepada AFP.

Dakwaan tindakan terorisme, lanjut Zameer, biasa dijeratkan pada kasus-kasus seperti ini untuk mempercepat penanganan kasus semacam ini.

Setiap tahun ratusan perempuan Pakistan dibunuh keluarga mereka terkait berbagai kekerasan dalam rumah tangga atau dengan alasan menjaga kehormatan keluarga.

Menurut Aurat Foundation, sebuah organisasi yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan perempuan di masyarakat Pakistan yang konservatif, sebanyak 3.000 perempuan tewas dalam kejadian semacam ini sejak 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com