Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Keterlambatan Jadwal Penerbangan, Bandara-bandara di China Juaranya

Kompas.com - 22/03/2015, 06:21 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Bandara dan maskapai asal China menjadi juara dalam hal keterlambatan sepanjang tahun lalu. Demikian menurut data perusahaan penilai penerbangan yang berbasis di AS, FlightStats.

Di antara 61 bandara terbesar di dunia, tujuh bandara yang menempati peringkat teratas dalam hal keterlambatan jadwal penerbangan seluruhnya berada di daratan China, termasuk dua bandara di Shanghai yaitu Hongqiao dan Pudong.

Kedua bandara di Shanghai itu hanya mencatat ketepatan waktu jadwal penerbangan sebesar 37,17 persen dan 37.26 persen. Berada di bawah kedua bandara itu adalah bandara Xiaoshan di Hangzhou, Baoan di Shenzhen, Baiyun di Guangzhou, bandara Chongqing dan bandara internasional Beijing.

Celakanya, negara pesaing utama China yaitu Jepang mencatatkan bandara-bandaranya sebagai yang paling baik dalam hal ketepatan jadwal penerbangan.

Empat bandara di Jepang yaitu Itami, Okayama, Sendai dan Kochi mencatat rata-rata ketepatan jadwal penerbangan di atas kisaran 93 persen.

Zou Jianjung dari Institut Manajemen Penerbangan Sipil China kepada harian The South China Morning Post mengatakan buruknya pelayanan di berbagai bandara di China disebabkan manajemen bandara tak mampu mengejar peningkatan jumlah penumpang pesawat udara yang sangat cepat.

"Penerbangan terlalu dipusatkan di Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Itu menjadi tantangan besar bagi para manajer bandara di kota-kota besar itu," kata Jianjun.

"Di bandara-bandara besar itu kesalahan sekecil apapun akan mengganggu jadwal penerbangan di kota-kota lainnya," tambah Jianjun.

Meski masih jauh dari sempurna namun jadwal keberangkatan di sejumlah bandara di China mengalami perbaikan. Menurut data FlightStats, pada 2013 bandara Pudong mencatatkan ketepatan waktu di 28,72 persen jadwalnya sedangkan di Beijing hanya 18,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com