Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lari dari Tentara Chad, Boko Haram Dihantam Pasukan Kamerun

Kompas.com - 04/02/2015, 16:32 WIB
YAOUNDE, KOMPAS.com - Tentara Kamerun terlibat baku tembak dengan anggota Boko Haram di kota perbatasan Fotokol, Rabu (4/2/2015), saat mereka kabur akibat serangan gencar pasukan Chad.

"Para militan muncul pagi ini. Pertempuan antara mereka dan tentara kami sangat sengit. setelah pasukan Chad merebut kota Gamboru di seberang perbatasan," kata seorang sumber aparat keamanan Kamerun.

Setelah diserang secara intensif selama beberapa hari terakhir, kota Gamboru kini sudah ditinggalkan Boko Haram. Pasukan Chad kini melakukan pembersihan sejak mereka memasuki kota itu pada Selasa (3/2/2015), dan merebutnya dari tangan Boko Haram.

"Saat pasukan Chad memasuki Gamboru, anggota Boko Haram di kota itu serta di beberapa desa di sekitar kota itu kabur ke Fotokol," tambah sumber tersebut.

Keberhasilan pasukan Chad mengusir Boko Haram dari beberapa kota itu semakin menegaskan ketidakmampuan militer Nigeria menangani pemberontakan Boko Haram yang sudah berlangsung selama enam tahun.

Sementara itu, militer Nigeria mengatakan meski tentara Chad berada di wilayah negeri itu namun kedaulatan Nigeria tidak terpengaruh dan mengklaim ikut serta dalam operasi militer memerangi Boko Haram bersama pasukan Chad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com