Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Perancis Tangkap 8 Tersangka Anggota Kelompok Ekstremis

Kompas.com - 03/02/2015, 17:24 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Kepolisian Perancis, Selasa (3/2/2015), menahan delapan orang tersangka yang diduga terlibat dalam sebuah jaringan yang merekrut dan mengirimkan para pemuda untuk bertempur di Irak. Demikian dijelaskan Kementerian Dalam Negeri Perancis.

Menteri Dalam Negeri Bernard Cazeneuve mengatakan kepada jurnalis bahwa kedelapan tersangka itu ditangkap di sejumlah kawasan di sekitar Paris dan Lyon, di wilayah tenggara Perancis.

"Hampir sebulan setelah serangan yang terjadi di Paris, operasi ini menunjukkan tekad kami untuk menegakkan hukum dan untuk melawan terorisme," ujar Cazeneuve.

Pekan lalu, aparat keamanan Perancis menangkap lima orang di kota kecil Lunel, setelah diketahui 20 orang pemuda warga kota tersebut berangkat ke Suriah.

Sejak serangan maut ke kantor majalah Charlie Hebdo dan penyanderaan toko Yahudi di Paris bulan lalu yang menewaskan sebanyak 17 orang, pemerintah Perancis meningkatkan operasi-operasi penggerebekan jaringan kelompok ekstremis di negeri itu.

Sekitar 1.400 orang warga Perancis kini berada di Irak atau Suriah untuk bertempur bersama sejumlah kelompok ekstremis termasuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com