Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Harimau di India Meningkat Cukup Pesat

Kompas.com - 20/01/2015, 19:20 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India, Selasa (20/1/2015), mengatakan berdasarkan sensus terbaru populasi harimau di negara itu meningkat 30 persen selama empat tahun terakhir.

Dalam laporan tentang sensus harimau terbaru itu, Kementerian Lingkungan India menyebutkan jumlah populasi harimau di negeri itu hingga tahun lalu tercatat 2.226 ekor. Jumlah ini meningkat dari 1.706 ekor pada 2010.

Sensus populasi harimau diadakan pada 2014 di berbagai kawasan hutan di India, antara lain dengan menggunakan 9.700 buah kamera tersembunyi untuk menghitung secara tepat.

Menteri Lingkungan Hidup, Prakash Javadekar, mengatakan pertambahan jumlah harimau ini adalah keberhasilan besar sebagai buah dari usaha konservasi terus menerus.

"Ketika populasi harimau dunia menurun, jumlahnya di India meningkat," katanya seperti dikutip kantor berita AFP.

Para wartawan melaporkan berita ini disambut kalangan aktivis yang sebelumnya secara konsisten menyampaikan keprihatinan atas penurunan jumlah harimau. India diperkirakan memiliki 70 persen jumlah harimau yang tersisa di dunia.

Pada 2012, kurang lebih 350 warga di desa Umri di negara bagian Rajashtan, India, direlokasi untuk melindungi harimau. Mereka berada di kawasan perlindungan harimau dan dipindahkan ke tempat permukiman baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com