Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pucuk Pimpinan Al Shabab 'Menyerahkan Diri'

Kompas.com - 29/12/2014, 10:26 WIB
KOMPAS.COM - Pemimpin puncak kelompok militan Al Shabab, Zakariya Ahmed Ismail Hersi, telah menyerahkan diri, kata pejabat Somalia. Hersi, figur pemimpin dari sayap intelektual kelompok ini menyerahkan diri kepada polisi di wilayah Gedo, tambah pejabat tersebut.

Pada Juni 2012, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menjanjikan hadiah sebesar sekitar Rp 36 miliar kepada siapa pun yang mengetahui keberadaan Hersi. Pengumuman atas imbalan tersebut dilakukan tiga bulan setelah pemimpin Al Shabab, Ahmed Abdi Godane tewas akibat serangan udara Amerika Serikat.

Seorang perwira intelijen Somalia, yang dikutip kantor berita Associated Press, menduga Hersi mungkin menyerah karena dia berselisih dengan anggota Al Shabab yang setia kepada mantan pemimpinnya.

Tidak melawan

Menurut polisi, Hersi tidak melakukan perlawanan saat mereka menangkapnya di sebuah rumah yang dijadikan lokasi persembunyiannya selama enam hari, seperti dijelaskan pejabat kepolisian kota El Wag kepada BBC. Dia menambahkan walau memiliki pistol, dia tidak melakukan perlawan dan menyerahkan diri.

Sejauh ini belum ada komentar dari Al Shabab. Kelompok Al Shabab yang memiliki kaitan dengan Alqaeda ingin menggulingkan pemerintahan Somalia yang mendapat dukungan PBB. Mereka sering melakukan serangan ke objek-objek milik pemerintahdan juga ke negara-negara tetangga yang memberi bantuan pasukan kepada pemerintah Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com