Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2014, 10:55 WIB
KOMPAS.COM — Pemerintah Kurdi mengatakan, pasukan Peshmerga telah mengambil alih kekuasaan di "wilayah luas" kota Sinjar, Irak, dari kelompok milisi yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Pemimpin Kurdi Irak, Massoud Barzani, memastikan pergerakan maju Peshmerga tersebut saat mengunjungi Bukit Sinjar.

Kota di dekat perbatasan Suriah tersebut dikuasai milisi ISIS sejak bulan Agustus.

Pejuang Peshmerga Kurdi dengan dukungan serangan udara pimpinan Amerika Serikat melancarkan serangan balasan di wilayah tersebut pada pekan lalu.

ISIS menguasai banyak wilayah Irak dan Suriah.

Amerika melakukan 13 serangan udara di Irak pada hari Minggu (21/12/2014), empat di antaranya terhadap sasaran ISIS di dekat Sinjar.

AS, Irak, dan sejumlah negara Barat dan Arab membentuk sebuah koalisi terhadap kelompok militan dan mulai melakukan serangan udara pada bulan Agustus.

Massoud Barzani menyatakan, "Terima kasih kepada Tuhan yang telah membuka dan menguasai semua jalan dan menembus pengepungan Bukit Sinjar."

Dia menambahkan, pembebasan pusat kota Sinjar bukanlah bagian dari rencana, melainkan pihaknya berhasil menguasai sebagian besar daerah tersebut.

Pemerintah Kurdi pada mulanya mengumumkan pada hari Jumat lalu bahwa mereka telah menghentikan pengepungan ISIS atas Bukit Sinjar, di mana ribuan warga Yazidi dan pengungsi Irak terjebak sejak bulan Agustus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com