Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Tony Abbott: Australia Akan Merespons Penyanderaan dengan Profesional

Kompas.com - 15/12/2014, 08:03 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Pemerintah Federal Australia bergerak cepat untuk mengatasi aksi penyanderaan yang terjadi di kawasan distrik bisnis Martin Place, Sydney, Australia, Senin (15/12/2014). Perdana Menteri Australia Tony Abbott pun menggelar rapat Komite Keamanan Nasional untuk mengatasi penyanderaan di kafe Lindt Chocolate dengan 20 tawanan yang diprediksi masih berada di dalamnya.

"Ini jelas peristiwa yang butuh perhatian mendalam," kata Abbott seperti dikutip dari Reuters.

Selain itu, Abbott juga mengatakan, petugas keamanan Australia harus sigap untuk mengatasi situasi seperti ini. "Semua warga Australia harus diyakinkan kalau petugas penegak hukum dan badan keamanan kami sudah dilatih dengan baik, dilengkapi (peralatan), dan meresponsnya secara profesional," kata Abbott.

Seperti dikabarkan sebelumnya, seorang pria bersenjata menyandera sebuah kafe di kawasan bisnis Martin Place, Syndey, Australia, Senin (15/12/2014). Setidaknya ada 20 sandera di dalam Kafe Lindt Chocolate, yang terdiri dari staf kafe dan pengunjung.

Mengutip laman Sydney Morning Herald, juru bicara kepolisian New South Wales mengatakan, polisi mendapat laporan mengenai aksi penyanderaan pria bersenjata ini sekitar pukul 09.45 waktu setempat. Sontak, kepolisian pun segera mengepung Kafe Lindt Chocolate dan berupaya membebaskan tawanan. (Baca: Pria Bersenjata Meneror Sydney, Kafe di Distrik Bisnis Disandera)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com