Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Isu Penembakan, Pangkalan AS di Korsel Ditutup

Kompas.com - 01/12/2014, 11:06 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Pangkalan Angkatan Udara AS Osan di Korea Selatan, Senin (1/12/2014), ditutup setelah muncul kabar terjadi penembakan di sebuah sekolah menengah di dalam pangkalan itu.

Penutupan pangkalan tetap dilakukan meski kepala sekolah tersebut mengatakan peringatan itu kemungkinan salah.

"Kami menerima laporan kemungkinan adanya tersangka penembak. Sebuah perimeter sudah dibentuk dan pasukan keamanan sudah menyapu kawasan itu," demikian pernyataan Pangkalan AU ke-51 Osan lewan akun Facebook mereka.

Pangkalan Udara Osan, berjarak sekitar 104 kilomter sebelah selatan Seoul, adalah rumah bagi 28.000 personel militer AS yang ditempatkan secara permanen di Korea Selatan.

Sementara itu, kepala sekolah menengah di pangkalan Osan, Morgan Nugent mengatakan penutupan pangkalan itu merupakan sebuah antisipasi atas sebuah laporan yang kemungkinan besar adalah laporan palsu.

"Salah seorang guru menerima telepon yang nampaknya sebuah rekaman mengatakan bahwa ada aktivitas penembakan," ujar Nugent.

"Karena tidak ada jadwal latihan menembak di dekat sekolah, jadi kami memutuskan untuk mengedepankan keselamatan dan memutuskan untuk menutup sekolah," tambah dia.

"Setelah semuanya diperiksa dan dinyatakan aman, kami melanjutkan proses belajar," tambah Nugent.

Meski demikian, pihak komando pangkalan udara ke-51 memutuskan untuk menutup seluruh wilayah pangjalan hingga proses pemeriksaan yang dilakukan selesai dan kondisi dinyatakan benar-benar aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com