Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihujani Kritik, Ibu Negara Meksiko Jual Rumah Mewahnya

Kompas.com - 19/11/2014, 18:12 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Ibu negara Meksiko Angelica Rivera, Selasa (18/11/2014), menyatakan dia akan menjual rumah mewahnya untuk mengakhiri kontroversi seputar pembelian properti itu dari seorang kontraktor pemerintah.

Lewat video yang diunggah ke situs pribadinya, Angelica mengatakan dia membeli rumah mewah itu dari pendapatannya saat masih menjadi bintang operas sabun.

Kritik terkait rumah mewah yang terletak di kawasan elite ibu kota Mexico City itu menambah beban Presiden Enrique Pena Nieto yang berada dalam tekanan terkait penanganan kasus hilangnya 43 mahasiswa yang kemungkinan besar sudah dibunuh.

"Menghadapi tuduhan yang mengakibatkan kejujuran saya diragukan, saya ingin menjelaskan kepada seluruh rakyat Meksiko bahwa tak ada yang saya tutupi. Saya sudah bekerja sepanjang hidup yang membuat saya menjadi seorang perempuan independen," kata Angelica.

"Saya selalu bertindak dengan integritas. Saya sudah mengumumkan penghasilan hampir 10 juta dolar pada 2010 dan saya membayar pajak sebesar 3 juta dolar," tambah ibu negara.

Angelica Rivera membeli rumah mewah itu pada Januari 2012, enam bulan sebelum Pena Nieto terpilih menjadi presiden Meksiko. Angelica kemudian memutuskan untuk menjual rumah yang dibelinya seharga 4 juta dolar atau sekitar Rp 48 miliar.

"Saya memutuskan untuk menjual rumah itu karena saya tak ingin masalah ini menjadi alasan untuk menghina dan melecehkan keluarga saya," tambah Angelica.

Penjelasan Angelica ini muncul beberapa jam setelah Presiden Nieto mengatakan sang istri akan memberikan pernyataan publik untuk meluruskan pemberitaan yang dibuat jurnalis Carmen Aristegui.

"Saya tak ingin membiarkan masalah yang mengakibatkan sebagian besar masyarakat Meksiko kehilangan kepercayaan kepada saya," kata Nieto.

Namun, pernyataan Angelica Rivera itu tak serta merta meredakan masalah. Sebab rumah mewah itu dibangun dan masih di bawah nama sebuah perusahaan kontraktor pemerintah. Sepanjang pengetahuan Angelica rumah tersebut dibangin oleh perusahaan real estat milik konglomerat Juan Armando Hinojosa, setelah Angelica mengatakan dia sedang mencari properti baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com