Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Meksiko Pilih Pena Nieto

Kompas.com - 02/07/2012, 12:06 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Enrique Pena Nieto terpilih menjadi presiden Meksiko setelah mendapat suara terbanyak dalam pemilihan presiden yang digelar pada Minggu (1/7/2012). Pena Nieto merupakan wajah baru Partai Revolusioner Institusional (PRI) yang pernah berkuasa selama tujuh dekade di Meksiko.

Hasil penghitungan sementara yang diumumkan oleh Institut Pemilihan Federal (IFE) menunjukkan, Pena Nieto memenangi 38 persen suara, sementara rival terdekatnya, Manuel Lopez Obrador dari Partai Revolusi Demokratis (PRD), memperoleh 31 persen.

"Jumlah suara yang masuk pada pemilu ini lebih banyak daripada pemilu-pemilu Meksiko sebelumnya," kata Presiden IFE Leonardo Valdes saat mengumumkan hasil pemilu.

"Kita harus menunggu sampai mendapatkan hasil yang lebih pasti. Kami tidak akan bersikap tidak bertanggung jawab. Pada saat yang tepat, kami akan mengumumkan kepada rakyat Meksiko," papar Lopez.

Pada 2006, ketika Lopez Obrador mencalonkan diri dan kalah dengan selisih kurang dari satu persen, dia menggalang demonstrasi yang melumpuhkan Mexico City selama lebih dari sebulan. Dia bahkan disumpah sebagai presiden yang "sah" dan membentuk kabinet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com