Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Remaja Perancis Dihentikan Saat Hendak Berjihad ke Suriah

Kompas.com - 05/10/2014, 19:23 WIB
VILLEFONTAINE, KOMPAS.COM - Seorang gadis Perancis berusia 15 tahun berada di tahanan polisi, Minggu (5/10/2014), setelah ia menghilang dari rumah keluarganya di Perancis selatan. Gadis itu diduga ingin melakukan perjalanan ke Suriah untuk berjihad.

Assia Saidi "ditemukan pada Sabtu malam oleh orang tuanya sendiri di sebuah bar, dekat stasiun Marseille, di mana dia telah bekerja selama beberapa hari," kata seorang sumber yang dekat dengan penyelidikan kasus itu kepada kantor berita AFP.

Para penyidik menemukan sebuah akun Facebook yang menggunakan nama samaran yang "secara tegas" menunjukkan bahwa ia berencana "untuk meninggalkan Perancis dan melakukan jihad," kata sejumlah jaksa.

"Itulah tujuannya," kata gadis itu kepada televisi LCI, sebelum mengakui bahwa ia telah berubah pikiran.

Kasus tersebut telah mengejutkan Perancis, yang merupakan tempat tinggal bagi penduduk Muslim terbesar di Eropa, di mana sekitar 930 warga atau penduduk, termasuk setidaknya 60 perempuan, diduga telah secara aktif terlibat dalam jihad di Irak dan Suriah atau berencana untuk pergi ke sana.

Perancis telah mengambil peran penting dalam memerangi kelompok Negara Islam atai ISIS di Irak, dengan berpartisipasi dalam serangan udara yang dipimpin AS di sana, walau belum melakukan tindakan militer di Suriah, di mana kaum militan juga menguasai sebagian besar wilayah.

Assia berada dalam tahanan polisi karena mencuri kartu bank orangtuanya. Ibunya mengatakan kepada BFMTV, "Kami memutuskan untuk pergi ke Marseille. Kami mencarinya sepanjang hari ... ia menyerahkan dirinya ke dalam pelukan kami. Kami sangat senang. Semua orang memeluk, menangis, tertawa..... Kami sangat lega, sangat senang bahwa dia tidak pergi ke luar negeri," kata sang ibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com