Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kejaran Tentara Irak dan Kurdi, ISIS Ledakkan Jembatan

Kompas.com - 03/10/2014, 20:37 WIB
KIRKUK, KOMPAS.com - Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Jumat (3/10/2014), meledakkan sebuah jembatan penting di provinsi Salahedin, Irak saat bergerak mundur setelah digempur pasukan pro-pemerintah.

Pasukan Irak yang didukung pasukan Peshmerga Kurdi dan milisi Syiah menggempur posisi ISIS di kota Tuz Khurmatu sejak Kamis (2/10/2014).

"Pada pukul 05.00 pagi, pasukan Peshmerga dan pasukan Irak menyerang sejumlah wilayah dan bergerak maju dari Tuz Khurmatu ke ara Tikrit untuk merebut jembatan Zerga, yang menghubungkan kedua kota," kata Mullah Karim Shukur, seorang tokoh senior Partai Persatuan Patriotik Kurdistan.

"Dalam gerak maju ini, pasukan ISIS yang mundur meledakkan jembatan dan meninggalkan puluhan jasad rekannya," tambah Shukur.

Shallal Abdul, wali kota Tuz Khurmatu, mengatakan lima desa berhasil direbut kembali dari tangan ISIS pada Kamis serta empat desa lainnya direbut pada Jumat sebelum pasukan gabungan mencapai jembatan yang melintasi Sungai Tigris itu.

"Pasukan kami berencana merebut kembali semua wilayah yang dikuasai ISIS, mereka kabur meninggalkan jasad rekan-rekan mereka," ujar Shallal Abdul.

Sementara itu, kota Tikrit -kampung halaman mendiang Saddam Hussein- berada dalam genggaman ISIS sejak hari pertama serangan kilat yang digelar empat bulan lalu. Pasukan Irak selalu gagal merebut Tikrit dalam beberapa kali percobaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com