Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Perancis, Warga Yahudi Paling Banyak Pulang Kampung

Kompas.com - 05/09/2014, 20:43 WIB
KOMPAS.com - Ketimbang negara-negara lain di dunia, warga Yahudi paling banyak pulang kampung dari Perancis. "Padahal, sebelumnya, tidak seperti ini," kata Kepala Kantor Badan Yahudi di Perancis Ariel Kandel, sebagaimana warta AFP pada Jumat (5/9/2014).

Kandel mengatakan pihaknya mengutip data dari Kementerian Integrasi Israel. Sejak awal tahun ini hingga 31 Agustus, ada 4.566 warga Yahudi yang kembali ke Israel dari Perancis. "Ini pertanda puncak anti-Semit," tuding Kandel.

Anti-Semit acap diartikan sebagai gerakan anti terhadap etnis Yahudi. Istilah ini mengemuka saat Nazi pimpinan Adolf Hitler pada masa Perang Dunia II melakukan apa yang dinamakan sebagai pembersihan Jerman dari etnis Yahudi.

Catatan berikutnya dari data tersebut menunjukkan ada 3.252 warga Yahudi kembali ke Israel dari Ukraina. Sementara, 2.632 warga Yahudi angkat kaki pulang kampung dari Rusia. Sementara, warga Yahudi yang kembali ke negaranya dari AS mencapai 2.218 orang. "Sampai dengan akhir 2014, akan ada sekitar 6.000 warga Yahudi dari Perancis akan pulang kampung,"imbuh Kandel.

Sementara itu, catatan dari warta koran Le Monde, menunjukkan Perancis memang masih terdera oleh krisi ekonomi di Eropa. Pertumbuhan ekonomi Perancis bahkan nyaris mencapai titik nol. Lantaran itulah, angka pengangguran di Perancis pun makin menanjak. Boleh jadi, emigrasi warga Yahudi itu berlandaskan hal-hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com