Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Saudi Selundupkan Dua Putranya ke Suriah untuk Bergabung dengan ISIS

Kompas.com - 12/08/2014, 15:54 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria Arab Saudi menyelundupkan dua putranya ke Suriah untuk bergabung dengan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Sebelum masuk ke Suriah, pria itu membawa kedua anaknya lewat Turki.

Sebuah foto, yang menampilkan Abed al-Shayeq (11) dan Ahmed al-Shayeq (10) berpose dengan ayah mereka di depan bendera ISIS sambil membawa senapan mesin, beredar luas di media sosial.

Foto itu diunggah sang ibu lewat Twitter untuk menyuarakan ungkapan kesedihan dan kekhawatirannya sebagai seorang ibu.

Sebelumnya, pria ini mengatakan kepada istrinya tengah membawa kedua putranya itu berwisata di salah satu negara Teluk. Padahal, dia menuju Turki sebelum memasuki wilayah. Demikian dilaporkan harian Al-Hayat.

"Karena kedua anak itu tiba di Turki bersama ayahnya, situasi ini, menurut hukum Turki, tidak bisa dianggap penculikan," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Turki, Adel Murad.

Namun, harian Al-Watan mengabarkan, pria ini menculik kedua anak itu dari ibunya setelah pasangan yang sudah bercerai itu terlibat perselisihan.

Tak lama setelah ketiga orang itu tiba di Suriah, ibu kedua anak itu menerima pesan singkat dari suaminya pada Senin (11/8/2014) yang memintanya untuk tidak bersedih dan menganggap kedua putranya sebagai "burung-burung surga", sebuah frasa yang kerap digunakan untuk mereka yang dianggap mati syahid.

Kemudian, sebuah akun media sosial yang terkait dengan ISIS mengatakan, kedua anak itu akan mendapatkan pelatihan sebelum dikirim ke medan pertempuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com