Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ulang Tahun, Taipan India Pesan Kemeja Emas

Kompas.com - 10/08/2014, 00:44 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Jika seseorang memiliki kekayaan yang melimpah ruah maka orang itu bebas melakukan apa saja yang dia sukai.

Mungkin itulah yang ada di dalam pikiran Pankaj Parakh, seorang taipan tekstil asal India. Sehingga pada ulang tahunnya yang ke-45, Pankaj membuat sebuah kemeja yang seluruhnya dibuat dari emas murni.

Menurut media setempat, Pankaj di hari ulang tahunnya yang jatuh pada Jumat (8/8/2014), memamerkan pakaian emas seberat empat kilogram itu dengan cara berjalan kaki di kota tempat tinggalnya, Yeola tak jauh dari kota Mumbai.

Pankaj mengatakan meski emas yang digunakan untuk membuat pakaian itu berkadar 18-22 karat, namun pakaian itu sangat nyaman dikenakan karena dilapisi kain tipis di dalamnya.

"Kemeja itu mudah dicuci lalu dijemur hingga kering seperti kemeja biasa. Bedanya kemeja itu memiliki garansi seumur hidup sehingga jika sobek atau rusak kemeja itu akan cepat diperbaiki," kata Pankaj.

"Saya sudah mengagumi emas sejak saya berusia lima tahun. Lalu kekaguman itu tumbuh menjadi cinta. Jadi sangat logis jika saya menginginkan ini di hari ulang tahun saya," ujar Pankaj.

Kemeja Pankaj memiliki tujuh kancing yang terbuat dari emas murni. Pakaian emas ini dibuat perajin perhiasan Shanti Jewellers di Mumbai. Di tempat itu 20 orang perajin emas bekerja selama 3.200 jam selama dua bulan terakhir untuk "menjahit" emas ini.

"Sebelum petugas pajak datang, saya jamin semua emas ini tercatat dengan rapi dalam akun perusahaan saya," ujar Pankaj.

Meski mengaku pakaian emas itu nyaman dipakai, namun pakaian itu pasti sangat berpotensi mengundang kejahatan. Sehingga setiap kali mengenakan pakaian ini Pankaj selalu mendapat pengawalan dan membawa senjata api.

"Anda harus cukup berani jika mengenakan pakaian seperti ini. Tak hanya berani tapi harus punya sepucuk pistol yang selalu saya bawa setiap kali bepergian," kata Pankaj.

Lalu berapa harga kemeja emas itu? Tak ada yang tahu harga pastinya, yang jelas Pankaj harus membayar 127.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar hanya untuk membeli emasnya saja.

Selain itu, konon harga kemeja emasnya itu masih terbilang "murah" jika dibanding pesta ulang tahunnya yang megah dan dihadiri ratusan undangan termasuk para politisi negara bagian Maharashtra dan para selebriti Bollywood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com