Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Siap Kirim Polisinya ke Lokasi Jatuhnya Malaysia Airlines #MH17

Kompas.com - 24/07/2014, 16:24 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com - Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Kamis (24/7/2014), mengatakan pengerahan pasukan polisi internasional untuk mengamankan lokasi jatuhnya Malaysia Airlines MH17 di Ukraina segera terwujud.

Australia, lanjut Abbott, siap mengirimkan polisinya ke Ukraina timur. Kini sebanyak 50 personel polisi Australia sudah siap diberangkatkan dari London, Inggris.

"Australia siap mengirimkan polisinya ke Ukraina untuk membantu pengamanan lokasi jatuhnya MH17 sebagai bagian dari tim internasional di bawah kendali PBB," ujar Abbott.

Abbott menambahkan, masih dibutuhkan upaya pencarian menyeluruh terhadap puing-puing pesawat yang jatuh di wilayah yang dikuasai kelompok separatis Ukraina itu.

"Di lokasi kecelakaan, sangat jelas bahwa tidak ada kegiatan apapun yang bisa dilakukan tanpa persetujuan milisi bersenjata yang diduga kuat menembak jatuh pesawat itu," tambah Abbott.

"Sejauh ini belum ada proses pencarian puing-puing pesawat secara menyeluruh oleh tim profesional di lokasi jatuhnya pesawat. Seharusnya lokasi itu tidak dikendalikan milisi bersenjata yang memiliki kepentingan atas hasil investigasi," tambah Abbott.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dan rekannya dari Belanda Frans Timmerman akan berangkat ke Kiev untuk menandatangani nota kesepahaman dengan Ukraina untuk mengizinkan polisi internasional bekerja mengamankan lokasi jatuhnya MH17.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com