Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2020, 11:30 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Minggu (01/03/2020), Pimpinan Partai Bersatu, Tan Sri Muhyiddin Yassin, diangkat sumpah jabatannya sebagai Perdana Menteri kedelapan.

Upacara sumpah jabatan dilaksanakan untuk kantor Pengangkatan Janji Sumpah dan Sumpah Kerahasiaan sebagai Perdana Menteri di hadapan Yang di-Pertuan Agong al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin al-Mustafa Billah Shah. Sumpah ini dilakukan pada Minggu (01/03/2020) pukul 10.33 pagi di Istana Nasional Malaysia.

Baca juga: Mahathir: Muhyiddin Khianati Saya, si Pecundang Bentuk Pemerintahan

Berikut ini kronologi detik-detik pengangkatan sumpah jabatan Muhyiddin dilansir dari The Star dan Bernama.com:

10.30 pagi: Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah dan Permaisuri Raja Agong Tuanku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah berangkat ke upacara pengangkatan sertifikat pengangkatan dan upacara untuk janji sumpah pengangkatan dan sumpah sekretariat sebagai perdana menteri diikuti oleh upacara pengambilan sumpah oleh Muhyiddin.

10.20 pagi:Muhyiddin tiba di Istana untuk sumpah jabatan sebagai Perdana Menteri Malaysia.

10.00 pagi: Tun Dr. Mahathir Mohamad mengatakan bahwa Pakatan Harapan tidak akan menghadiri upacara pengangkatan sumpah jabatan. Dia juga menambahkan kalau Raja Malaysia tidak akan menemuinya lagi.

09.56 pagi: Iringan mobil milik Muhyiddin terlihat memasuki Istana Nasional di gerbang 2.

09.54 pagi: Muhyiddin memakai baju hitam Melayu memasuki Istana.

09.00 pagi: Aliansi pimpinan politik partai Bersatu dan Mufakat Nasional terlihat tiba di rumah Sri Muhyiddin. Tampak juga di rumah pimpinan partai Pribumi bersatu Malaysia, anggota parlemen Gajah, Mohd Redzuan Md Yusof, sekretaris jenderal PAS Takiyuddin Hassan, anggota parlemen Bera dan wakil presiden UMNO Ismail Sabri Yaakob, Presiden PAS Abdul Hadi Awang dan presiden MCA Dr. Wee Ka Siong. Pimpinan UMNO Dr. Ahmad Zahid Hamidi dan mantan dewan pimpinan PKR Azmin Ali juga tampak hadir beberapa menit setelahnya.

Baca juga: Bukan Mahathir Mohamad, Bukan Anwar Ibrahim, Ini PM Malaysia Selanjutnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com