Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Tembak Jatuh 2 Jet Tempur Ukraina Dekat Lokasi Kecelakaan #MH17

Kompas.com - 24/07/2014, 15:08 WIB
KIEV, KOMPAS.COM — Pemberontak Rusia menembak jatuh dua jet tempur Ukraina, Rabu (23/7/2014) kemarin, tidak jauh dari lokasi pesawat penumpang Malaysia Airlines telah dijatuhkan di Ukraina timur pekan lalu.

"Dua jet tempur Sukhoi milik Ukraina telah ditembak jatuh. Nasib para pilotnya tidak diketahui," kata juru bicara militer Ukraina, Oleksiy Dmytrashkivsky, kepada kantor berita Agence France-Presse (AFP). Dia menambahkan, kedua pesawat itu ditembak jatuh sekitar 25 kilometer dari lokasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17.

Namun, seorang juru bicara militer yang kedua mengatakan, kedua jet itu telah dijatuhkan di sebuah lokasi yang berbeda oleh roket-roket yang ditembakkan gerilyawan. Kedua pilot berhasil keluar dengan menggunakan parasut, kata juru bicara itu.

"Hari ini, di selatan wilayah Lugansk dekat desa Dmytrivka, para pemberontak pro-Rusia telah menembak dua jet Su-25 dengan sebuah sistem rudal," kata juru bicara Vladislav Seleznev. "Para pilot melakukan tindakan mengelak... tetapi pesawat-pesawat itu tetap terkena," katanya.

Seorang juru bicara operasi militer Ukraina mengatakan kepada Reuters bahwa kedua pesawat itu jatuh di dekat Savur Mogila, sebuah lokasi pemakaman di wilayah Shaktersky di mana ada tugu peringatan penyergapan tentara Soviet terhadap Nazi dalam Perang Dunia II.

Igor Strelkov, yang saat ini memimpin jajaran pemberontak di kota Donetsk, mengatakan, pemberontak telah menjatuhkan sebuah pesawat dan pilotnya telah dikeluarkan. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pertempuran sengit berkecamuk di dekat dua basis utama pemberontak, yaitu di Donetsk dan Luhansk yang letaknya berdekatan, di mana mereka telah dipukul mundur oleh pasukan Pemerintah Ukraina, yang telah menguasai desa-desa dan kawasan pinggiran kota-kota itu.

Pada Selasa pagi, Kiev mengatakan, kaum separatis telah meninggalkan posisi mereka di pinggiran Donetsk dan mundur menuju pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com