Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2014, 08:33 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Sekitar 150 tentara Amerika Serikat,  Rabu (23/4/2014) tiba di Polandia sebagai bagian dari upaya Washington meyakinkan sekutu-sekutu di Eropa timur menyusul aneksasi Crimea oleh Rusia.

Kedatangan tentara Amerika di Polandia itu terjadi setelah Departemen Pertahanan mengumumkan akan mengirim 600 tentara ke Polandia dan negara-negara Baltik yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Pemerintah AS mengatakan pengerahan pasukan merupakan bentuk komitmen keamanan di Eropa, terutama di negara-negara sekutu yang menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Wartawan BBC, Adam Easton, melaporkan dari ibu kota Polandia, Warsawa, bahwa kedatangan pasukan Amerika disambut Menteri Pertahanan, Tomasz Siemoniak, di Pangkalan Udara Swidwin, Polandia barat laut.  AS juga mengirim 450 tentara ke tiga negara Baltik yaitu Lithuania, Latvia dan Estonia.

Mereka akan melakukan latihan bersama di masing-masing negara selama beberapa bulan. Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk, mengatakan terdapat risiko nyata bahwa Ukraina timur bisa lepas.

Tusk menambahkan jumlah pasukan Amerika di Polandia dapat ditingkatkan menjadi 5.000 personel bila diperlukan.

Latvia dan Estonia juga mempunyai penduduk minoritas berbahasa Rusia. Baik Polandia maupun negara-negara Baltik khawatir tindakan Rusia di Ukraina akan terulang di negeri mereka. Hampir separuh responden dalam survei pekan lalu di Polandia mengatakan kemerdekaan negara mereka terancam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com