Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia Janji Pecahkan Misteri Hilangnya Malaysia Airlines

Kompas.com - 26/03/2014, 15:34 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Rabu (26/3/2014), mengatakan, pemerintahannya akan "melakukan segala upaya" untuk mencari pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 yang hilang.

Janji ini disampaikan Abbot ketika kondisi cuaca di Samudra Hindia selatan membaik dan pencarian dilanjutkan. Otoritas Keamanan Maritim Australia (AMSA) mengatakan, 12 pesawat ikut dalam operasi hari ini.

Pesawat Malaysia Airlines itu hilang pada 8 Maret lalu saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan membawa 239 orang penumpang.

"Kami berutang kepada para keluarga, kami berutang kepada dunia untuk melakukan semua yang kami bisa untuk menemukan puing dan melakukan apa saja untuk memecahkan misteri penerbangan ini," kata Abbott.

Abbott menambahkan, Australia siap mendampingi keluarga penumpang dalam hal apa pun.

"Ada trauma mengerikan yang berlangsung di sini, ada ketidakpastian, ada kesedihan."

"Ini adalah waktu yang tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata untuk mereka dan jika mereka ingin datang ke Australia, kami akan menyambut dan melakukan apa saja untuk mendampingi," kata Abbott.

Australia memimpin pencarian multinasional yang terkonsentrasi pada wilayah terpencil 2.500 kilometer di barat kota Perth, Australia.

Sejumlah anggota keluarga penumpang menolak menerima fakta bahwa orang tercinta mereka telah meninggal dunia dan mengatakan tidak ada puing yang ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com