Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Somalia dan AMISOM Rebut Satu Kota dari Al-Shabab

Kompas.com - 14/03/2014, 15:37 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com - Pasukan pemerintah Somalia didukung pasukan Uni Afrika berhasil merebut kota keenam dalam operasi mereka melawan kelompok militan Al-Shabab. Demikian juru bicara misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM), Jumat (14/3/2014).

Juru bicara AMISOM, Ali Houmed menjelaskan para pejuang Al-Shabab kabur setelah kota kecil Buula Burde, di kawasan Hiran di dekat perbatasan Etiopia diserang pasukan Somalia dan AMISOM, Kamis (13/3/2014).

"Terjadi baku tembak di pintu masuk kota saat Al-Shabab mencoba untuk menjebak dan menyerang pasukan kami. Namun, perlawanan mereka tak berlangsung lama," ujar Houmed.

"Pasukan Al-Shabab menghilang saat pasukan kami maju untuk mengamankan kota," tambah Houmed.

Sementara di kawasan pedesaan Somalia, pasukan pemerintah dan Uni Afrika kerap menjadi target serangan gerilya Al-Shabab di sekitar kota yang berhasil mereka rebut.

Komandan AMISOM Mahamat Saleh Annadif mengatakan direbutnya Buula Burde adalah sebuah kemenangan besar, karena kota kecil berdebu itu adalah salah satu pusat perbekalan Al-Shabab.

Setelah rangkaian kemenangan pada 2012, kemajuan pasukan AMISOM relatif statis disebabkan terbatasnya jumlah personel dan dukungan kekuatan udara untuk menggelar operasi militer lebih besar.

Namun, awal bulan ini pasukan yang bekerja dengan mandat PBB itu kembali melakukan gempuran setelah Etiopia mengirimkan pasukannya sehingga membuat keseluruhan pasukan AMISOM berjumlah 20.000 personel.

Kelompok militan Al-Shabab pernah menguasai hampir seluruh wilayah selatan dan tengah Somalia namun berhasil dipukul mundur dari ibu kota Mogadishu, dua tahun lalu.

Meski demikian, gerilyawan Al-Shabab beberapa kali melakukan serangan mematikan di Mogadishu, dan bahkan mengklaim melakukan pengepungan pusat perbelanjaan Westgate di Kenya tahun lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com