Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Keras di Argentina Diduga Meteor

Kompas.com - 19/02/2014, 03:25 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Para ilmuwan, Selasa (18/2/2014), menyatakan bunyi ledakan yang terdengar di pedesaan berjarak 350 kilometer dari Argentina pada Selasa pagi diduga berasal dari meteor yang menembus atmosfer bumi.

Suara ledakan itu dilaporkan terdengar pada pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB, di provinsi di kawasan tengah bagian timur Argentina, Santa Fe. "Mungkin itu adalah meteor (jatuh)," kata Andrea Clerici dari Buenos Aires Planetarium, kepada televisi lokal.

Pihak berwenang belum menemukan pecahan meteor di lokasi itu. "Ada kemungkinan bahwa bola (meteor) itu hancur di udara," kata astronom Jorge Coghlan dari Santa Fe Astronomical Observatory, kepada radio lokal.

Warga di daerah yang mendengar bunyi ledakan tersebut mengatakan bersamaan dengan suara menggelegar itu juga terasa bahwa tanah dan bangunan berguncang. Meteor adalah asteroid alias benda langit yang menembus atmosfer bumi tetapi belum sampai ke tanah. Bila sampai ke tanah, benda itu disebut dengan meteorit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com