Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Bentuk Batalyon Perempuan di Suriah

Kompas.com - 03/02/2014, 20:36 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok militan Negeri Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berafiliasi dengan Al Qaeda membentuk dua batalyon khusus perempuan di kota Raqqah. Demikian harian Asharq al-Awsat mengabarkan, Minggu (2/2/2014).

Batalyon itu diluncurkan sebagai upaya ISIS untuk mengungkap para aktivis laki-laki yang menyamar sebagai perempuan untuk menghindari pemeriksaan ISIS.

Batalyon perempuan ini dinamai "Al-Khansaa" dan "Umm al-Rayan", demikian situs berita kelompok oposisi mengabarkan, sambil menambahkan bahwa hanya perempuan yang belum menikah berusia 18-25 tahun yang boleh bergabung dengan batalyon ini.

Kelompok oposisi menambahkan, para perempuan itu akan mendapatkan gaji bulanan sekitar 200 dollar AS dan para perempuan itu tidak boleh bekerja di organisasi lain.

Pada Sabtu (1/2/2014), batalyon perempuan ini sudah melakukan patroli di kota Raqqah dan mendirikan pos pemeriksaan untuk memeriksa setiap perempuan yang melintasi pos itu.

"Para penentang ISIS kerap mengenakan burka untuk melewati pos pemeriksaan. Maka, batalyon perempuan merupakan solusi untuk memeriksa perempuan," kata pemimpin oposisi, Ibrahim Moslem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com