Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan Hiu Mulai Dilakukan di Australia Barat

Kompas.com - 27/01/2014, 16:45 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Seorang nelayan yang menangkap dan menembak mati ikan hiu menurut peraturan pemerintah negara bagian Australia Barat mengatakan, dia melakukannya karena binatang tersebut mengancam keselamatan manusia.

Ikan hiu itu ditangkap di dekat Dunsborough, Minggu (26/1/2014), kurang dari 24 jam setelah batasan tali menggunakan drum dipasang di laut. Ikan itu ditembak di kepala dan kemudian dibuang ke laut. 

Nelayan itu dalam keterangannya kepada Radio Halifax mengatakan bahwa dia mengerti
sebagian kelompok masyarakat tidak suka melihat hewan yang dibunuh. Namun, kata nelayan, pembunuhan itu terkadang harus dilakukan. "Memang tampaknya tidak adil," katanya.

"Keadaannya akan berbeda bila saya yang berada di dalam air. Namun, hiu ini merupakan ancaman bagi manusia, dan kami memiliki peralatan untuk itu dan itu yang akan kami lakukan," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa dirinya bertekad terus melakukannya meski ada debat hangat mengenai masalah itu.

"Saya akan terus melakukannya dan mungkin pada kemudian hari bisa mengambil sampel dan memberikan kontribusi bagi pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik."

Kelompok Perlindungan Ikan Hiu Australia Barat mengatakan, beberapa pengunjuk rasa sudah membuang umpan dari lintasan drum yang dipasang.

Beredarnya gambar nelayan menodongkan senapan ke kepala ikan hiu ini membuat beberapa pengunjuk rasa mengatakan mereka akan meningkatkan resistensi terhadap kebijakan ini.

Menteri Transportasi Troy Buswell yang menjadi arsitek kebijakan ini ketika menjadi Menteri Perikanan mengatakan, tindakan para pegiat itu merupakan tindakan tidak bertanggung jawab.

"Ini adalah tindakan untuk melindungi manusia, dan pemahaman saya adalah bahwa pihak berwenang akan menyelidiki laporan yang muncul," kata Buswell.

"Saya merasa aneh bahwa orang menentang apa yang terjadi di Australia Barat, tetapi tidak mengatakan apa pun terhadap sesuatu yang sudah berlangsung selama puluhan tahun di Queensland dan New South Wales," tambah Buswell.

Sementara itu, Jeff Hansen dari lembaga lingkungan Sea Shepher mengatakan, hatinya ngilu melihat ikan hiu itu ditembak.

"Cara kita memperlakukan binatang di mana nasib  kita tergantung pada kelestariannya adalah dengan membunuhnya pada Australia Day," kata Hansen.

Hansen mengatakan, setiap harinya di seluruh dunia jutaan orang berada di air dan ikan hiu hanya memakan korban rata-rata lima orang per tahun. "Bila ikan hiu itu ingin memakan manusia, pasti tiap hari ada korban," katanya.

"Manusia jadi korban karena kita bergerak paling lamban di air, bukan karena kita adalah makanan bagi mereka."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com