Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yen Melemah, Turis ke Jepang Melimpah Ruah

Kompas.com - 09/01/2014, 15:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Rupanya, mata uang yen yang melemah membawa berkah bagi Jepang. Salah satunya, tulis AP  hari ini, sampai dengan akhir 2013, jumlah turis yang melancong ke Jepang melimpah ruah.

Biro Imigrasi Kementerian Kehakiman Jepang dalam rilis terbarunya mengatakan, pada periode setahun di 2013, tercatat kunjungan 11,25 juta wisatawan ke Jepang. Angka ini naik 2,08 juta ketimbang pada periode 2012.

Tak cuma itu, keberhasilan Jepang pada 2013 itu termasuk sukses melampaui target batas atas kedatangan turis asing 10 juta orang.

Catatan Pemerintah Jepang menunjukkan, turis asing yang paling banyak datang ke Jepang berasal dari Korea Selatan. Jumlahnya ada 2,3 juta orang.

Kemudian, posisi kedua ditempati oleh turis asal Taiwan. Jumlah wisatawan asal negara itu ada 2,16 juta.

Lalu, ketiga adalah para turis asal China. Mereka yang bertandang ke Jepang jumlahnya 980.000 orang.

Sebaliknya, warga negara Jepang yang berwisata ke luar negeri berkurang jumlahnya. Pasalnya, pelemahan yen membuat ongkos ke luar Jepang tak lagi murah.

Total angka warga Jepang yang pelesir ke luar negeri turun 1,02 juta jiwa pada 2013. Pada 2012, jumlah turis asal Jepang ke luar negeri ada 17,47 juta orang.

Lain di Jepang, lain di kawasan Asia Tenggara. Pelancong ke Asia Tenggara juga terdongkrak jumlahnya. Soalnya, ada kebijakan penghapusan visa kedatangan di negara-negara ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com