Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenuh dengan Kota, Dua Pria Australia Jelajahi Pedalaman

Kompas.com - 03/01/2014, 15:57 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Dua orang pria Australia melakukan petualangan dengan berjalan kaki bolak-balik dari Sydney menuju Uluru di pedalaman negeri itu, dalam misi pengumpulan dana bagi warga bumiputra Australia.

Kedua pria asal Sydney itu, Michael Doyle dan Coen Tate, selama enam bulan ke depan akan berjalan kaki bolak-balik dari Sydney ke wilayah tengah Australia sejauh 5.500 kilometer, sambil mengumpulkan dana untuk disumbangkan bagi warga bumiputra Australia.

Coen mengatakan, idenya untuk melakukan perjalanan ini muncul karena rasa jenuh terhadap kehidupan kota.

"Michael dan saya tengah berada di pesta pertunangan seorang bibi Michael dan kami berbincang soal betapa ramai dan hiruk pikuknya kehidupan kota, serta semakin sibuk saja keadaan di kota," tutur Coen.

"Kemudian, kami punya ide, betapa menyenangkannya jika sesaat kita bisa pergi ke pedalaman untuk menyegarkan pikiran dan memfokuskan diri!" kata Coen.

Diskusi soal gagasan itu berlanjut hingga akhirnya kedua pria ini memutuskan untuk melakukan perjalanan penjelajahan dari Pantai Sydney ke Uluru dan kembali lagi.

Keduanya berangkat dari Sydney pada 16 Desember 2013 lalu sambil melakukan penggalangan dana untuk disumbangkan ke Yayasan Oxfam. Dalam kampanyenya, mereka menilai terdapat jurang perbedaan yang besar antara fasilitas kesehatan bagi warga bumiputra dan non-bumiputra.

Coen mengatakan, dia sangat tersanjung dengan dukungan yang didapatkan keduanya, baik dari pihak masyarakat maupun uang yang mereka donasikan. Kedua orang ini sekarang tengah berada dalam perjalanan menuju negara bagian New South Wales bagian barat.

Coen mengatakan, dia mempersiapkan perjalanan ini dengan serius agar siap menghadapi kelelahan dan tantangan lainnya. "Kami melakukan sedikit latihan fisik sebelum melakukan perjalanan ini, seperti bersepeda dan berjalan kaki," katanya.

"Secara mental saya cukup siap. Saya sudah menunggu lama kesemapatan ini," tambah Coen.

Keduanya membawa tas dengan berat sekitar 10-12 kilogram berisi botol air, kantong tidur, terpal, peralatan masak, makanan, buku dan jurnal, serta sejumlah alat lain yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan di pedalaman Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com