Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayap Selamatkan Hidup Pembasmi Hama

Kompas.com - 31/07/2008, 01:34 WIB

SEORANG mantan pembasmi hama tersesat di pedalaman Australia. Ia mengira akan mati kelaparan. Namun, sarang rayap menyelamatkannya.

Theo Rosmulder (52) berhasil bertahan hidup selama empat hari dengan memakan rayap dan serangga lain sebelum akhirnya dia ditemukan oleh penduduk Aborigin setempat, Selasa (29/7) pagi.

"Rayap rasanya tidak buruk," katanya kepada para wartawan di kota penambangan Laverton di Australia Bagian Barat. Polisi mengatakan, Rosmulder menderita dehidrasi tetapi dalam keadaan baik.

Rosmulder sedang mencari emas pada hari Jumat lalu ketika dia tersesat. Dia terpisah dari kelompoknya sekitar 130 km di utara Laverton dan melanjutkan perjalanan seorang diri. Menurut polisi, ia hanya berbekal pisau lipat, senter, dan alat pendeteksi logam.

Semula ia berpikir hidupnya akan berakhir di tempat itu. Ia nyaris putus asa, tidak berusaha mempertahankan hidup, dan membiarkan dirinya meninggal. Tetapi, keesokan harinya dia menemukan sarang rayap dan harapannya berkobar lagi.

Sersan Graham Clifford dari kepolisian Australia Bagian Barat mengatakan, serangga dan rayap memberi dia air dan protein. "Dia memakan binatang yang biasanya dia basmi," kata Sersan Clifford.

Polisi menggelar operasi pencarian besar-besaran pada Sabtu subuh dengan puluhan petugas menyisir daerah berbatu-batu seluas 200 km persegi dari udara dan darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com