Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cahaya Lilin untuk Peringati Setahun Superbadai Sandy

Kompas.com - 30/10/2013, 01:30 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Cahaya lilin memenuhi East Coast, New York, Amerika Serikat, saat peringatan setahun serangan superbadai Sandy yang melanda pantai timur AS. Presiden AS Barack Obama ikut memperingati superbadai yang menyebabkan ratusan orang tewas itu.

Warga AS mengenang mereka yang tewas dalam bencana alam ini. Obama dalam pernyataannya hari Selasa (29/10/2013) sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, peringatan setahun terpaan superbadai Sandy ini untuk mengingatkan tentang "kekuatan dan daya tahan rakyat Amerika".

Obama menegaskan, badai itu pun memperlihatkan bagaimana orang-orang saling menolong dan semua komunitas memberikan bantuan. Pemerintah federal juga menyediakan miliaran dollar AS bagi ratusan ribu orang serta usaha kecil dan menengah melalui bantuan langsung, hibah, dan pinjaman.

Superbadai Sandy menyebabkan sedikitnya 181 orang tewas di seluruh AS. Dari korban tewas itu sekitar 68 korban tewas ada di New York dan 71 orang lainnya tewas di New Jersey. Total kerugian akibat superbadai ini mencapai 65 miliar dollar AS atau sekitar Rp 650 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com