Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Suriah, Harga Pakaian Melambung Jelang Idul Adha

Kompas.com - 15/10/2013, 06:30 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Masih kisruh oleh perang saudara membuat Suriah mesti menghadapi banyak kenyataan pahit menjelang Idul Adha. Paling tidak, sebagaimana warta AP pada Senin (14/10/2013), rakyat Suriah mesti berhadapan dengan harga pakaian yang melambung mendekati Hari Raya.

Di Damaskus, warga kebanyakan harus pulang dengan tangan hampa saat berbelanja ke pasar. Soalnya, harga pakaian jadi begitu mahal. Salah satu pemicunya adalah merosotnya nilai tukar mata uang pound Suriah.

Simak harga sebuah sweter yang dipakai lewat kepala untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba. Harga produk tekstil itu sekitar 5.000 pound Suriah atau setara 37,2 dollar AS. "Tahun lalu, harga sweter itu cuma 2.000 pound Suriah," kata Ahlam, seorang calon pembeli di sebuah pasar di Damaskus, Al-Salihiya.

Seorang pegawai pemerintahan Suriah, Adnan, mengaku harus meminjam uang dari saudaranya untuk membeli pakaian baru bagi anak-anaknya. "Saya tak sampai hati andai mereka tak punya baju baru seperti kebanyakan anak-anak Suriah lainnya saat merayakan Idul Adha," katanya.

Kenyataan di lapangan tersebut memang berbeda dengan upaya Pemerintah Suriah menekan harga. Pasalnya, sejak beberapa hari silam, pemerintahan Presiden Bashar al-Assad sudah menggelar pasar murah bagi masyarakat. Namun, perhelatan itu tetap gagal menekan kenaikan harga.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com