Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Belanda Juara Balap Mobil Tenaga Surya di Australia

Kompas.com - 10/10/2013, 20:02 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com — Tim Universitas Teknologi Delft, Belanda, memenangkan lomba mobil tenaga surya dengan jarak 3.000 kilometer dari Darwin ke Adelaide di Australia, Kamis (10/10/2013).

Lomba balap mobil tenaga surya melintasi daerah tandus Australia ini diikuti oleh 38 tim dari 22 negara.

Mobil tim Universitas Teknologi Delf yang memenangkan lomba ini, Nuon, melintas garis finis paling cepat dengan catatan waktu 33,05 jam dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam.

Mobil kedua tercepat adalah wakil dari Universitas Tokai, Jepang, dengan catatan waktu sekitar 36 jam.

Tim Belanda dan Jepang bersaing ketat sampai hujan turun pada 50 kilometer terakhir yang mengakibatkan tim Tokai harus mengisi ulang energi surya.

Juru bicara Nuon mengatakan, mereka melakukan kalkulasi secara rinci sehingga dapat mencapai garis finis walaupun ada gangguan.

"Kami senang sekali, Tokai tidak dapat mengejar kami, hujan begitu keras, lebih kencang dari yang kami perkirakan. Kami sangat khawatir, bila ada masalah, namun akhirnya kami menang," kata Rune van der Meiden anggota tim Nuon.

Tim Belanda lain, Twente, menyusul di posisi ketiga diikuti oleh tim dari Stanford, Amerika Serikat.

Lomba mobil tenaga surya dunia, "The World Solar Challenge" yang diselenggarakan setiap dua tahun, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1987.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com