Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Naik Mobil Bertenaga Surya

Kompas.com - 13/09/2008, 08:15 WIB

NEW YORK, SABTU — Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon terkagum-kagum dengan kehebatan mobil bertenaga surya. Ia pun minta semua pihak terus berinovasi untuk meredam pemanasan global dan berhemat energi.

Ban Ki-moon tiba di markas PBB, Jumat (12/9) waktu setempat atau Sabtu (13/9) WIB menumpang mobil bertenaga surya yang dikendarai seorang warga Swiss, Louis Palmer. Palmer berpetualang ke seluruh dunia mengendari mobil bertenaga surya. Ia telah menempuh jarak 40.000 kilometer.

"Saya harap mobil bertenaga surya ini salah satu alternatif sumber energi, bisa menyampaikan pesan kepada penduduk seluruh dunia bahwa kami perlu kreatif," kata Ban kepada wartawan begitu turun dari mobil. "Ini pengalaman fantastis, saya harap bisa menaikinya lagi."

Ban mengatakan, aksinya menjajal mobil surya tepat karena ia segera mengadakan konferensi video dengan tiga kepala negara, termasuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membicarakan pemanasan global. Dua lainnya adalah Presiden Polandia Donald Tusk dan Perdana Menteri Denmark Anders Fogh Rasmussen. PBB telah meneken kesepakatan untuk memerangi pemanasan global hingga Desember 2009.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com