Rabu, 22 Oktober 2014

News / Internasional

Topan Fitow Porak-porandakan Pesisir Timur China

Senin, 7 Oktober 2013 | 16:32 WIB
Sky News Pasukan China berlari bersamaan saat gelombang besar menghantam pesisir Wenlin di Provinsi Fujian, China. Topan Fitow dengan kecepatan 100 kilometer per jam adalah topan ke-23 yang menghantam China tahun ini.
BEIJING, KOMPAS.com — Topan Fitow yang sangat kuat dengan kecepatan 100 kilometer per jam menerjang Provinsi Fujian, China, Senin (7/10/2013) pagi, mengakibatkan tanah longsor dan puluhan ribu orang mengungsi.

Sebuah tayangan televisi memperlihatkan gelombang ombak yang sangat besar menghantam pantai. Pemandangan itu membuat banyak orang khawatir.

Pemerintah China langsung mengerahkan angkatan bersenjatanya untuk membangun tanggul-tanggul baru dan membantu proses evakuasi penduduk.

Di provinsi Zhejiang, yang bertetangga dengan Fujian, badan penanggulangan bencana setempat sudah mengeluarkan rincian yang menunjukkan besarnya "gangguan" yang diakibatkan Fitow.

Pemerintah Zhejiang mengatakan, 574.000 orang dievakuasi dan 35.800 kapal nelayan sudah diperintahkan kembali ke pelabuhan.

Selain itu, transportasi darat dan udara akan terganggu untuk sementara waktu, termasuk jalur kereta api cepat yang melintasi Fujian dan Zhejiang.

Tak hanya itu, 37 penerbangan dari bandara Wenzhou, Zhejiang, ditunda. Jaringan listrik mati dan genangan air membuat akses untuk tim penyelamat tersendat.

Kantor berita China Xinhua melaporkan, sejauh ini dua orang sudah dipastikan meninggal dunia.

Topan Fitow, yang diambil dari nama sebuah bunga di Mikronesia, adalah topan ke-23 yang menghantam China tahun ini. Fitow datang hanya berselang dua pekan setelah topan Usagi menerjang dan menewaskan 25 orang di wilayah selatan China.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Sky News