Kamis, 24 Juli 2014

News / Internasional

Hari Minggu Ini Thailand Evakuasi Warganya dari Mesir

Minggu, 18 Agustus 2013 | 01:08 WIB
AFP Para pendukung Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimin menggulingkan sebuah mobil milik polisi di lapangan Mustafa Mahmud setelah operasi pembubaran pengunjuk rasa pro-Mursi. Akibat bentrokan sepanjang Rabu (14/8/2013), sedikitnya 343 orang tewas.
KOMPAS.com — Pada hari Minggu (18/8/2013) ini, Thailand mengevakuasi warganya dari Mesir. Menurut Menteri Luar Negeri Thailand Surapong Tovichakchaikul di Bangkok, evakuasi ini adalah tahap pertama. "Kami menyewa pesawat Egypt Air yang bertolak dari Kairo," katanya sebagaimana warta laman Bangkok Post.

Surapong menambahkan pesawat akan lepas landas dari Bandara Kairo pada pukul 13.30 waktu setempat. Pesawat akan transit di Dubai, Uni Emirat Arab atau Jordania. Menurut rencana, di lokasi transit, para warga Thailand akan dijemput oleh pesawat dari maskapai penerbangan nasional Thailand, Thai Airways.

Perintah evakuasi, lanjut Surapong, berasal dari Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, kemarin. Menurut Yingluck, kondisi keamanan di Mesir sudah mencapai bahaya level 4. "Ini adalah kondisi paling mengkhawatirkan," tuturnya.

Sampai kini, ada 900 warga Thailand yang tinggal di Mesir. Mayoritas dari mereka adalah mahasiswa yang belajar di berbagai universitas di Negeri Piramida.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus