Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Beri Snowden Dokumen untuk Lintasi Perbatasan

Kompas.com - 25/07/2013, 01:04 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
MOSKWA, KOMPAS.com — Pembocor intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, kini punya kesempatan meninggalkan zona transit di bandara Moskwa, Rusia, yang telah ditinggalinya selama sebulan terakhir. Peluang untuk dia meninggalkan bandara itu adalah keluarnya dokumen yang memungkinkan dia melintasi perbatasan Rusia, Rabu (24/7/2013) waktu setempat.

Kantor berita RIA Novosti menulis dokumen tersebut menyatakan aplikasi permohonan suaka Snowden ke Pemerintah Rusia masih dipertimbangkan, tetapi Snowden dimungkinkan menyeberang perbatasan sepanjang penjaga perbatasan tidak keberatan. Dokumen juga menyatakan Anatoly Kucherena akan membantu Snowden terkait isi dokumen itu.

Kantor berita Interfax mengatakan, Snowden dapat meninggalkan bandara pada "jam berikutnya". Dengan dokumen ini, Snowden dianalogikan telah memiliki baju baru. "Dokumen akan diberikan kepadanya oleh Kucherena," kata Interfax.

RIA Novosti mengutip sumber penjaga perbatasan Rusia menyatakan, Snowden akan diizinkan melintasi perbatasan bila menunjukkan dokumen tersebut. Pelayanan migrasi menolak berkomentar dan tidak ada pejabat yang bisa dikonfirmasi bahwa Snowden sedang bersiap menyeberangi perbatasan Rusia.

Snowden pada awal bulan ini mengajukan permohonan suaka yang prosesnya bisa memakan waktu tiga bulan. Kucherena mengatakan, Snowden mungkin bisa mengajukan diri menjadi warga negara Rusia dan bila tertarik dapat mencari pekerjaan di negara tersebut.

Bagi Rusia, menerima permohonan suaka Snowden berisiko memperburuk hubungan negara itu dengan Amerika Serikat, yang masih "ngebet" mengadili Snowden. Meski belum memutuskan sikap atas permohonan suaka itu, Rusia menolak menyerahkan Snowden dengan alasan tak ada perjanjian ekstradisi antara Rusia dan Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com