Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes RI Gelar Sendratari di Canberra, Penonton Terpukau

Kompas.com - 21/09/2015, 20:57 WIB
AUSTRALIA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Australia menggelar pertunjukan sendratari Rama dan Shinta di Canberra pada Sabtu (19/9/2015) lalu. Pertunjukan tersebut disambut antusias para penonton.

“Stunning (menakjubkan),” itulah ungkapan para penonton yang menyaksikkan pertunjukan sendratari Rama dan Shinta, dikutip dari siaran pers Kedubes RI untuk Australia.

Sendratari berdurasi 30 menit tersebut dipentaskan pada acara festival musim semi tahunan bernama “Festival Floriade” di ibu kota Australia. Festival Floriade yang berlangsung selama sebulan mulai 12 September sampai 11 Oktober 2015, merupakan ikon kegiatan budaya di Canberra sejak 27 tahun lalu. Jumlah pengunjung mencapai lebih dari 400.000 orang per tahun yang datang dari berbagai wilayah di Australia bahkan turis mancanegara.

Sendratari tersebut menceritakan episode penculikan Shinta oleh Rahwana di tengah hutan.
Selama pertunjukan Rama dan Shinta, para penonton dan pengunjung Floriade tak putus menatap gerakan tarian gemulai juga dinamis dari tokoh-tokoh seperti Rama, Shinta, Rahwana, Jatayu dan Patih serta kijang-kijang emas, yang menari dengan alunan musik dan lagu Nusantara yang menggabungkan sentuhan tradisional dan modern.

Tak hanya itu, kostum dan aksesoris tradisional yang dikenakan para tokoh mengundang decak kagum karena paduan warna dan motifnya yang sangat berkilau, yang menunjukkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Seusai pentas sendratari, para penonton dan pengunjung tak pernah berhenti meminta para tokoh untuk berfoto bersama dan berebut "selfie".

Hal yang istimewa pada penampilan Indonesia di Floriade ini adalah Indonesia menyuguhkan cerita sendratari Rama dan Shinta dengan sentuhan seni budaya Indonesia yang sangat kental. Publik Australia belum pernah menyaksikan sendratari serupa dari negara lain. Sendratari ini merupakan hasil kolaborasi KBRI dengan masyarakat Indonesia di Canberra.

Selama Festival Floriade dipamerkan aneka jenis dan warna bunga Tulip. Selain itu terdapat berbagai program dan kegiatan pentas seni dan musik, cultural celebrations, workshop hortikultura, pameran seni, hiburan, rekreasi, dan lain-lain.

Partisipasi KBRI Canberra pada Festival Floriade ditujukan untuk meningkatkan pemahaman publik Australia mengenai seni budaya Indonesia dan meningkatkan people-to-people links di antara kedua negara. Diharapkan promosi ini dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com