Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menderita "Sakit Tak Tertahankan", Duterte Persingkat Kunjungan ke Jepang

Kompas.com - 22/10/2019, 17:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mempersingkat kunjungan ke Jepang setelah menderita "sakit tak tertahankan" di tulang punggung.

Pemimpin 74 tahun itu mengalami cedera pinggul setelah mengalami kecelakaan pada pekan lalu, demikian dilaporkan AFP Selasa (22/10/2019).

Baca juga: Presiden Filipina Duterte Alami Kecelakaan Sepeda Motor di Kompleks Istana

Kondisi kesehatan Duterte pun menjadi perbincangan setelah pada awal Oktober ini, dia mengaku menderita penyakit autoimun.

Pernyataan dari juru bicara kepresidenan Salvador Panelo menerangkan, presiden berjuluk The Punisher itu bakal meninggalkan Jepang lebih cepat dari awal.

Duterte berada di Negeri "Sakura" untuk menghadiri upacara penobatan Naruhito sebagai Kaisar Jepang, menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito, yang mengundurkan diri.

"Istana mengumumkan presiden akan mempersingkat kunjungannya karena rasa sakit yang tak tertahankan di tulang belakang dekat tulang pinggul," jelas Panelo.

Dia menjelaskan, rasa sakit itu merupakan "konsekuensi" karena presiden yang akrab dipanggil Digong itu jatuh dari motor di halaman istana.

Duterte jatuh 10 hari setelah mengaku mengidap myasthenia gravis, sebuah kondisi medis yang bisa berakibat kepada komplikasi serius.

Teka-teki mengenai kondisinya terus bergulir sejak dia berkuasa pada 2016, di mana dia sering absen dalam acara atau membahas penyakitnya saat berpidato.

Sebelumya dia berseloroh harus meminum fentanyl, sebuah obat pengusir rasa sakit, karena cedera tulang belakang yang dideritanya dalam kecelakaan motor saat muda.

Dia menerangkan, dokternya sampai harus menghentikan pemakaian fentanyl setelah tahu bahwa dia mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan.

Duterte juga mengaku menderita migrain dan penyakit lain. Termasuk Buerger yang ditandai dengan peradangan pembuluh darah, biasanya karena merokok.

Mantan Wali Kota Davao itu dilaporkan datang dalam upacara penobatan Kaisar Naruhito menggunakan kruk untuk membantuya berjalan.

Namun Panelo menjanjikan publik Filipina bahwa mereka tidak perlu mengkhawatirkan baik kondisi maupun kesehatan Duterte.

Baca juga: Di Rusia, Duterte Ungkap Kondisi Kesehatan Terbarunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com