Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2019, 05:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 6,4 melanda wilayah selatan California, pada Kamis (4/7/2019), sekitar pukul 10.33 pagi waktu setempat.

Menurut Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa tercatat di dekat Lembah Searles di San Bernardino County pada kedalaman 8,7 kilometer dan termasuk gempa dangkal.

Getaran gempa dilaporkan dapat dirasakan penduduk Los Angeles, yang berjarak 175 kilometer dari pusat gempa, selama beberapa detik, demikian diberitakan AFP.

Getaran gempa bahkan dilaporkan dirasakan hingga Las Vegas di negara bagian Nevada.

Kekuatan gempa menunjukkan sebagai yang terbesar di wilayah California Selatan selama dua dekade terakhir.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bolaang Mongondow Utara, Warga Panik

Terakhir kali gempa besar melanda wilayah itu pada 1999 dengan kekuatan 7,1 skala Richter, yang mengguncang markas Korps Marinir 29 Palms, menurut The Los Angeles Times.

Tidak langsung jelas kerusakan yang disebabkan gempa, namun ahli seismologi USGS, Rob Graves mengatakan kekuatan gempa cukup besar untuk menimbulkan kerusakan.

Departemen Pemadam Kebakaran San Bernardino melaporkan, melalui Twitter, belum menerima laporan korban cedera, tetapi menyatakan bahwa bangunan dan jalan mengalami berbagai kerusakan dalam tingkatan yang berbeda.

"Beberapa bangunan mengalami retakan kecil, saluran air dan listrik terputus, serta longsoran batu di jalan-jalan tertentu. Tidak ada korban cedera atau kebakaran," tulis mereka.

Departemen Pemadam Kebakaran di Kern County, yang meliputi kota Ridgecrest, melaporkan menerima sejumlah laporan insiden, mulai dari permintaan bantuan medis, hingga kebakaran. Evakuasi dilakukan untuk rumah sakit regional.

Sementara seismolog CalTech, Lucy Jones, mengungkapkan dalam konferensi pers, gempa susulan rasakan sebanyak puluhan kali, dengan beberapa bahkan berkekuatan hingga lima.

"Kita akan terus mengalami gempa susulan," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 7,4 M di Laut Banda Dirasakan hingga Australia

Sementara bandara internasional Los Angeles melaporkan tidak terjadi kerusakan pada landasan pacu sehingga operasi penerbangan dapat berlanjut seperti biasa.

Kepolisian kota juga melaporkan belum menerima laporan kerusakan maupun panggilan darurat terkait gempa di kota Los Angeles.

Presiden Donald Trump menuliskan di Twitter terkait gempa di California Selatan bahwa semua terkendali.

Sementara California adalah negara bagian terpadat di AS, gempa tersebut terjadi di kawasan berpopulasi kecil dari Gurun Mojave.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com